PENGAJIAN AKBAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW. Di MAJT.

"Hadirkan Rosulullah Saw dalam Kehidupan Kita"

Jumat, 8 Desember 2017.
K.H. M. Cholil Nafis, Lc., Ph.D
Masjid Agung Jawa Tengah

1. Jangan sampai kita termakan dengan orang-orang (Oknum) yang lagi gencar-gencarnya meyerukan "Peringatan Maulid Nabi itu Bid'ah".

2. Maulid Nabi itu ada berkahnya. Juga ada berkatnya.

3. Kumpul-kumpul itu penting. Maka pernah ada pepatah Jawa " mangan ora mangan penting kumpul", dan Maulid Nabi ini merupakan salah satu acara juga untuk bisa kumpul-kumpul, bisa ketemu teman, bisa saling cerita masalah, dll.

4. Rosul bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah, manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain." Tentu kita butuh kumpul-kumpul (interaksi sosial) agar bisa menjadi manfaat untuk manusia yang lain.

5. Antara syari'at dan akhlaqul karimah.
Aurat laki-laki itu mulai dari pusar sampai lutut (ketika ditanya apakah sudah syari'ah? Jawabannya tentu Itu sudah termasuk ikut Syari'at Islam), lalu apakah ketika ada kyai yang diundang untuk mengisi pengajian hanya menggunakan celana atau sarung yang hanya menutup aurat (dari pusar sampai lutut) itu pantas?? Tentu itu sudah sesuai syari'at tapi tidak sopan di depan jama'ah. Maka kita juga harus mengimbangi dengan Akhlak yang mulia.

6. Membela Tanah karena tempat Sujud kita,
Membela Air karena air untuk Wudlu kita,
Jadi. Membela Tanah Air mrupakan sebagian dari Iman (Hubbul Wathon minal Iman).

7. Ketika kita mengaku sudah cinta Nabi Muhammad, kita juga harus mencintai segala perbuatan Nabi. Termasuk mu'jizat Nabi Muhammad yaitu Al-Qur'an, kita harus menghadirkan Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari (mulai dari belajar membaca Alquran biar bisa Fasih, mengamalkan Alquran dengan belajar terlebih dahulu Tafsir Alquran, dll).

8. Adab Rosul ketika makan, (Baru makan ketika lapar, dan akan berhenti makan sebelum kenyang), dan itu salah satu perilaku Rosul yang bisa kita tiru dalam kehidupan sehari-hari.

9.  Rosul: "Saya sama seperti kalian semua: Manusia", bedanya saya mendapatkan Wahyu dari Allah Swt.
Rosul  (Basyarun laakal Basyaar), Rosul merupakan Manusia sama seperti kita yang bisa kita contoh, tapi kadang kitalah yang tidak bisa mencontoh (meniru) Rosul.

10. Khasiat Ayat Ke-9 Surat Yasin: 

وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لا يُبْصِرُونَ.

WA-JA ‘ALNA MIN BAINI AIDIIHIM SADDAN WA MIN KHALFIHIM SADDAN FA AGHSYAINAAHUM FAHUM LA YUBSHIRRUN

Artinya: 

" Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat."

11. Cerita tentang Abu Bakar yang digigit kala jengking.

“Sesampai di mulut gua, Abu Bakar berkata: “Demi Allah, janganlah engkau masuk ke dalamnya sebelum aku masuk terlebih dahulu. Jika di dalam ada sesuatu yang tidak beres, biarlah aku yang terkena, asal tidak mengenai engkau.”

Lalu Abu Bakar memasuki gua dengan menyisihkan kotoran yang menghalangi. Di sebelahnya dia mendapatkan lubang. Dia merobek mantelnya menjadi dua bagian dan mengikatnya ke lubang itu. Robekan satunya lagi dia balutkan ke kakinya. Setelah itu Abu Bakar berkata kepada beliau: “Masuklah!”

Maka beliau (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) pun masuk ke dalam gua. Setelah mengambil tempat di dalam gua, beliau merebahkan kepala di atas pangkuan Abu Bakar dan tertidur. Tiba-tiba Abu Bakar disengat hewan dari lubangnya. Namun dia tidak berani bergerak, karena takut mengganggu tidur Rasulullah.

Dengan menahan rasa sakit, air matanya menetes ke wajah beliau. 

”Apa yang terjadi denganmu wahai Abu Bakar?“ Tanya beliau.

Abu Bakar menjawab, “Demi ayah dan ibuku menjadi jaminanmu, aku digigit binatang.” Rasulullah meludahi bagian yang digigit sehingga hilang rasa sakitnya.”

12. Rosul menyatakan, " Siapa yang gembira akan kehadiranku, maka dia akan mendapatkan syafa'atku".

13. Do'a adalah pangkal Ibadah.
Semoga kita diberi kesehatan,
Semoga anak-anak kita mendapatkan kesuksesan.
Semoga yang sakit diberi kesehatan.

__________
Resuman pengajian.
Dari: K.H. M. Cholil Nafis, Lc., Ph.D
Saat mengisi di MASJID AGUNG JAWA TENGAH.

Oleh:
Http://ekspedisizaid.blogspot.com
@ekspedisizaid

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 29 Maret 2018. JAMUNA. MBAH MUNIF ZUHRI. Girikusumo. Mranggen. Demak.

KISAH NYATA: BANG TATTO. Dikisahkan oleh Mbah Munif Zuhri Girikusumo

Kamis. 1 Februari 2018. JAMUNA. Girikusumo. Mranggen. Demak. Mbah Munif Zuhri.