Postingan Perdana Zaid

*Ekspedisi Zaid*

By: Isan
____

Zaid,. Betapa agung dan mulianya dia. Sampai-sampai dijadikan tokoh utama dalam kitab Nahwu. Perkenalan pertemaku dengan Zaid yaitu saat aku tidak sengaja belajar kitab Jurumiyyah (kitab nahwu pertama) yang kupelajari saat masih madin kelas 3.

Dalam hati selalu bertanya-tanya, kenapa zaid, kenapa zaid, dan kenapa sering sekali nama zaid yang selalu dijadikan contoh.
Jaa a Zaidun, Zaidun Qooimun, Dlorobtu zaidun, dan masih banyak lagi zaid-zaid lainnya lagi.

Sampai pada akhirnya, terjawab sudah tanyaku perihal kenapa selalu nama Zaid yang selalu disebut-sebut??

"Zaid itu orang yang sangat Mulia, sehingga mbah Mushonnef (sebutan untuk seorang pengarang kitab) memilih nama Zaid di karangan kitabnya, agar kita semua mendapatkan berkah dari Zaid tersebut." Kata guruku disela-sela pembahasan bab iqrob dalam kitab Jurumiyyah.

Maka dari itu, saya mencoba menjadikan Tokoh zaid dalam setiap cerita-ceritaku yang akan datang.
Mohon dimaafkan jika nanti Tokoh zaid dalam ceritaku mengurangi kemulyaan si Zaid, karena jujur saya sangat mengidolakan Zaid. Dan tujuan saya mengambil tokoh zaid, yaa karena memang tidak ada nama tokoh lain yang kurang begitu klik. Intinya saya sedikit fanatik mengidolakan tokoh Zaid, tentunya ada Tokoh lain yang saya Idolakan, yaitu Jelas Nabi Muhammad Saw. Tokoh idola kita semua.

Mari kita simak cerita pertamku dengan tokoh Zaid.
Saya beri Judul utama dalam cerita-ceritaku yaitu, *Ekspedisi Zaid*, awalnya sih mau saya kasih judu *Ngaji bareng Zaid*, tapi saya takut, kalau-kalau nantinya malah tidak berisi tentang ngaji.
Tapi, sudah saya coba rancang bakal ada sub judu dibawah judul utama, contohnya nanti akan ada,
*EKSPEDISI ZAID*
- Ngaji bareng Zaid ke Girikusumo
- Zaid sang pengembara Malam
- Ketika Zaid mencari Hikmah
Dan sub-sub judul lainnya lagi.

InsyaAllah, saya berkomitmen mulai hari ini, Selasa/ 17 Oktober 2017. Pukul 10.26 Wib. Berjanji akan memproduksi cerita saya setiap harinya, minimal satu hari satu cerita.

Dan Hari ini saya akan membuat cerita perdana dengan Zaid, mohon Doa dan Restu agar saya bisa terus beristiqomah dalam bercerita.

Selamat menikmati.

Mranggen/Demak
Mat Iksan
17 Oktober 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 29 Maret 2018. JAMUNA. MBAH MUNIF ZUHRI. Girikusumo. Mranggen. Demak.

KISAH NYATA: BANG TATTO. Dikisahkan oleh Mbah Munif Zuhri Girikusumo

Kamis. 1 Februari 2018. JAMUNA. Girikusumo. Mranggen. Demak. Mbah Munif Zuhri.